Wednesday, September 26, 2012

berbuat baik lah dan berbaik sangka lah :)

Semakin bertambahnya usia,seharusnya juga membuat pribadi seseorang lebih baik..
kadang,aku tidak mengerti seperti apa sifat diri ini...
Alhamdulillah,aku jarang marah-marah..tapi ketika aku marah,rasanya seram sekali >,<
alhamdulillah menurut orang2 sekitar ku,aku juga bukan lagi seorang pendendam (dulu aku pendendam),alhamdulillah sekarang lebih sabar dan tabah..
tapi,jika mendapati sikap seseorang kurang baik terhadapku,padahal aku sudah merasa bersikap baik padanya,ingin sekali balik memperlakukan dy seperti dy memperlakukan aku...Rasanya aku lebih cengeng,karena jika aku kesal sekali sama orang lain aku cenderung menangis,kelewat marah dengan orang lain pun aku menangis,sedang PMS pun menangis..
Menurutku menangis cara yang terbaik untuk melepaskan kekesalan,kesedihan,kekecewaan dan kemarahanku terhadap seseorang..pernah satu kali seorang sahabat ku bilang,aku terlalu lembut dan sensitif juga terlalu baik hati...padahal aku merasa biasa2 saja..tidak terlalu baik hati,hehehe...tapi aku sangat mencintai orang2 yang terdekatku,sehingga kadang ada beberapa yang 'membodohi' ku pun aku tak sadar..
Hari ini tiba2 terpikir untuk sesekali berhenti jadi orang baik..karena kecewa dengan sikap orang lain terhadapku...tapi..aku baru saja searching2 di google tentang ayat2 alqur'an tentang berbuat baik atau segala sesuatu mengenai kebaikan..jadi aku mengurungkan pikiranku..Masya Allah,kenapa terlintas ingin berbuat seperti itu??padahal Allah selalu memberikan yang terbaik untukku..seperti ayat2 berikut,yang harusnya membuat kita sadar untuk selalu berbuat baik kepada siapapun : 

Allah Ta’ala berfirman,
يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ
“(Luqman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui” (QS. Luqman: 16).
وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَى بِنَا حَاسِبِينَ
Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan” (QS. Al Anbiya’: 47).
Juga serupa dengan ayat,
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ * وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula” (QS. Az Zalzalah: 7-8).
Walaupun kezholiman tersebut sangat tersembunyi, Allah akan tetap membalasnya. Karena Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ
“Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui” (QS. Luqman: 16)
Jadi harus selalu percaya bahwa ALLAH SWT akan membalas kebaikan kita dengan memberikan kebaikan-kebaikan yang lain.
"Berbaik sangkalah kepada ALLAH SWT,niscaya DIA akan memberikanmu segala kebaikan-kebaikan yang lain"
Jadi,apa pun yang kamu alami saat ini,segala kesulitan Insya Allah berbuah kemudahan,segala doa Insya Allah di ijabah,segala kebaikan akan berbuah kebaikan,meski banyak orang yg menyakiti hatimu :)
karena sesungguhnya Allah lah yang Maha Mengetahui segala :)


No comments:

Post a Comment